Sabtu, 28 Mei 2011

Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Sudirman


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ade Mayasanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah Cina dan Korea Selatan melaju ke babak semifinal Piala Sudirman, akhirnya diikuti Indonesia. Indonesia tundukkan Jepang dengan skor 3-2.

Upaya Indonesia melaju ke semifinal tidaklah mudah. Semula Indonesia unggul melalui ganda Alvent Yulianto dan Mohammad Ahsan. Ganda Indonesia mengalahkan Noriyasu Hirata dan Hirokatsu Hashimoto melalui dua game langsung dengan skor 21-17 21-16.

Kemenangan ganda putra Indonesia tidak diikuti tunggal puteri Indonesia, Adriyanti Firdasari. Firdasari takluk ditangan pemain Jepang Eriko Hirose. Firdasari kalah setelah bermain rubber set, yakni 19-12, 21-16 dan 14-21.

Alih-alih berharap pada tunggal putera, Indonesia kembali takluk. Simon Santoso ditaklukkan Kamichi Tago. Simon langsung kalah dua game melawan Tago, 16-21 dan 9-21. Dengan kekalahan Simon, skor semifinal Sudirman Cup antara Indonesia vs Jepang, 1-2.

Beruntung ganda puteri Indonesia mampu menyelamatkan kekalahan Indonesia dari Jepang. Pasangan ganda puteri Indonesia yakni Greysia Polii dan Meiliana Jauhari sukses menundukkan Mami Naito dan Shizuka Matsuo dalam dua game langsung, 21-17 dan 21-16.

Kemenangan Indonesia ditentukan Fran Kurniawan Teng dan Pia Zebadiah Bernadet. Ganda campuran Indonesia ini mengalahkan Shintaro Ikeda dan Reiko Shiota dengan tiga game, 21-19, 23-25 dan 21-14.

Sebelumnya, favorit jawara Cina berhasil menundukkan India dengan skor 3-1. Kemenangan Cina bermula dari ketangguhan ganda putra. Cai Yun dan Fu Haifeng mengalahkan Sanave Thomas dan Rupesh Kumar dengan angka 21-15, 21-14.

Kemenangan awal ini tidak berlanjut. Tunggal putri India melalui Saina Nehwal membungkam pendukung Cina setelah mengalahkan Xin Wang dengan skor 21-15, 21-11.

Beruntung, Cina kembali pulih. Setelah Lin Dan pun memberikan pundi-pundi angka kemenangan untuk Cina. Aksi ciamik Lin Dan diikuti ganda putri Cina, Wang Xiaoli dan Yu Yang.

Lain hal dengan Cina. Korea Selatan mesti bersusah payah untuk melaju ke semifinal.

Turun di awal, pasangan ganda campuran Korea Selatan Ko Sung-Hyun dan Ha Jung-Eun berhasil mematahkan perlawanan pasangan ganda campuran Malaysia Koo Kien Keat dan Chin EEI Hui.

Unggul satu angka, Malaysia justru berhasil membalas. Pemain satu dunia Lee Chong Wei berhasil mengalahkan Park Sung Hwan dengan skor 21-18, 21-14.

Berhasil menyamakan kedudukan, Malaysia justru unggul setelah ganda putra mereka Tan Boon Heong dan Hoon Thien menang.

Namun Korea Selatan tidak mau kalah. Putri mereka Bae Yeon Ju berhasil menang, sehingga membuat kedudukan seimbang 2-2. Korea Selatan memastikan ke semifinal setelah ganda perempuan Ha Jung Eun dan Kim Min Jung menang.






rahmanztetsu@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.