Minggu, 08 Mei 2011

RPP IPA SD 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun untuk Memenuhi Mata Kuliah
Pendidikan IPA SD 2

Dosen Pemimbing :
Drs. Rusmansyah M.Pd
Di Susun Oleh :
Nama : Gajali Rahman



Program Studi S1 PGSD
Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
2010



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDN Hilir Mesjid
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : III / 1
Waktu : 4 × 35 Menit (2× Pertemuan)
Hari / Tanggal : ..............................................

A . Standar Kompetensi
Benda dan sifatnya
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B . Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas.

C . Tujuan Pembelajaran
1. Menyebutkan sifat-sifat benda padat
2. Menyebutkan sifat-sifat benda cair dan benda gas

D . Indikator
1. Mendiskripsikan benda padat
2. Mendiskripsikan benda cair
3. Mendiskripsikan benda gas

E . Materi Pokok
Sifat-sifat benda padat, cair, gas

F . Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan

G . Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
1. Kegiatan Awal (5 menit)
- Mengucapkan salam
- Menanyakan kabar
- Do’a bersama
- Absensi siswa
- Apersepsi

2. Kegiatan Inti (25 menit)
- Secara berkelompok mendiskusikan tugas :
Menyebutkan sifat-sifat benda padat dengan cara menyelidiki benda-benda padat seperti batu, meja, pensil, dan lain-lain.
Kemudian siswa mencatat hal yang berhubungan dengan benda tersebut.
- Perwakilan dari kelompok melaporkan hasil diskusinya.
- Guru menyimpulkan hasil diskusi.
- Siswa mengerjakan lembar kerja.
3. Penutup (5 menit)
- Guru memberitahukan jawaban lembar kerja pada siswa.
- Guru memberi PR.
Pertemuan Kedua :
1. Kegiatan Awal
- Mengucapkan salam
- Menanyakan kabar
- Do’a bersama
- Absensi siswa
- Apersepsi
2. Kegiatan Inti
- Secara berkelompok mendiskusikan tugas :
Menjelaskan sifat benda cair dan benda gas dengan melakukan percobaan.
a. Percobaan benda cair :
Mengisikan air keberbagai wadah yang berbeda bentukya.
Alat dan bahan : gelas, piring, mangkok, botol bening, air, sirup merah.
b. Percobaan benda gas :
Meniup udara kedalam balon.
Alat dan bahan : balon.
Setelah itu setiap kelompok menjawab pertanyaan berikut :
- Apa yang terjadi setelah balon ditiup ?
-Bagaimana bentuk balon setelah diisi udara ?
-Bagaimana bentuk balon setelah dipijat salah satu begiannya ?
3. Penutup
- Wakil dari kelompok melaporkan hasil dari pengamatan.
- Guru memberi PR pada siswa.


H . Sumber dan bahan
a. Buku IPA kelas 3
b. Buku lain yang relavan
c. Batu, pensil, gelas, piring, mangkok, botol benimg, air, sirup merah dan balon.


I . Penilaian
Tes tertulis
A. Pemahaman dan penerapan konsep.
Isilah :
1. Wujud benda ada 3 macam yaitu.....
2. Sifat benda cair adalah.....
3. Sifat benda padat adalah.....
4. Sifat benda gas adalah.....
5. Batu termasuk benda.....
B. Kinerja Ilmiah.
1. Mengapa benda cair memerlukan wadah ?
2. Mengapa setelah dipompa balon bertambah besar ?
3. Apa perbedaan benda padat dan cair ?
4. Apakah benda padat dapat dilihat ?


Kunci Jawaban

A.
1. Benda padat,cair,dan gas.
2. - Berubah bentuk sesuai dengan tempatnya.
- Isi benda cair selalu tetap.
- Dapat mengalir.
- Tidak daoat dimanfaatkan.
3. - Tidak dapat dimanfaatkan.
- Tidak dapat mengalir.
- Bentuk dan besarnya tetap.
4. - Bentuk dan isi selalu berubah sesuai wadah yang ditempatinya.
- Dapat dimanfaatkan.
- Mengalir kesemua arah.
5. Benda padat.

B.
1. Karena banda cair selalu mengikuti mengikutu perubahan bentuk sesuairempat atau wadahnya.
2. Karena diisi oleh angin.
3. Benda padat bentuknya tetap sedangkan benda cair sesuai dengan tempat atau wadahnya.
4. Ya, karena benda padat berbentuk.















Mengetahui, Dilaksanakan.......................
Kepala Sekolah Guru Kelas / Mata Pelajaran



.............................................. ............................................
NIP NIP
TRANSKRIP

Pertemuan Pertama :
Kegiatan Awal
Pukul 08.00 saya masuk kelas, saya mengucapkan salam
Saya : Assalamualaikum Wr. Wb.
Anak : Wa’alaikumsalam
Saya : Selamat Pagi anak-anak ?
Anak : Pagi Pak.
Saya : Sebelum kita memulai pelajaran, mari kita berdo’a terlebih dahulu. Berdo’a mulai........ Selesai .
Saya : Bapak absen dulu ya...
Anak : Ya Pak.
Setelah selesai di absen, Saya memulai pelajaran IPA, Saya membawa tiga macam wujud benda, yaitu :
1. Batu
2. Air
3. Balon yang berisi angin
Kegiatan Inti
Saya : Anak-anak, semua dibagi kelompok untuk mendiskusikan tugas
Anak : Ya Pak, di bagi menjadi berapa kelompok ?
Saya : Karena siswa dikelas ini 30 orang, Bapak bagi menjadi 5 kelompok.
Anak : Baik Pak.
Saya : Kalian Bapak minta menyebutkan sifat-sifat benda padat dengan cara menyelidiki benda-benda padat seperti batu, meja, pensil, dan lain-lain.
Anak : berapa waktunya Bapak ?
Saya : 20 menit
Setelah 20 menit berlalu,
Saya : Perwakilan dari kelompok Melaporakan hasil diskusinya.
Lalu saya menyimpulkan hasil diskusi.
Saya : Kepada semua siswa diharapkan mengerjakan lembar kerja.
Anak : Baik Bapak.
Penutup
Saya : Anak-anak Bapak akan memberitahukan jawaban lembar kerja pada kalian.
Saya : Saya akan memberikan PR yang nanti dikumpul pada pertemuan kedua.
Anak : Baik Bapak.
Setelah itu saya mengucapkan salam untuk mengakhiri pelajaran.

Pertemuan Kedua :
Kegiatan Awal
Pukul 08.00 saya masuk kelas, saya mengucapkan salam
Saya : Assalamualaikum Wr. Wb.
Anak : Wa’alaikumsalam
Saya : Selamat Pagi anak-anak ?
Anak : Pagi Pak.
Saya : Sebelum kita memulai pelajaran, mari kita berdo’a terlebih dahulu. Berdo’a mulai........ Selesai .
Saya : Bapak absen dulu ya...
Anak : Ya Pak.
Setelah selesai di absen, Saya memulai pelajaran IPA dengan menunjukan segelas air dan balon yang berisi udara.

Kegiatan Inti
Saya : Anak-anak, semua dibagi kelompok untuk mendiskusikan tugas
Anak : Ya Pak, di bagi menjadi berapa kelompok ?
Saya : Karena siswa dikelas ini 30 orang, Bapak bagi menjadi 5 kelompok.
Anak : Baik Pak.
Saya : Kalian Bapak minta menjelaskan sifat benda cair dan benda gas dengan melakukan percobaan berikut :
- Percobaan benda cair => mengisikan air ke berbagai wadah yang berbeda bentuknya.
- Percobaan benda gas => Meniup udara kedalam balon.
Saya : Setelah itu setiap kelompok menjawab pertanyaan berikut :
1. Apa yang terjadi setelah balon ditiup ?
2. Bagaimana bentuk balon setelah diisi udara /
3. Bagaimana bentuk balon setelah dipijat salah satu bagiannya ?
Penutup
Saya : Wakil dari kelompok masing-masing melaporkan hasil dari pengamatan
Saya : Saya akan memberikan PR pada kalian.
Anak : Baik Bapak.
Setelah itu saya mengucapkan salam untuk mengakhiri pelajaran.
Saya :Sekarang berhubung waktunya sudah habis , kita akhiri saja pelajaran hari ini..
Saya :Assalamualaikum Wr.Wb
Anak :Waalaikumsalam Wr.Wb






rahmanztetsu@gmail.com. Diberdayakan oleh Blogger.